Forecasting bisnis
Forecasting atau Prevoyance (Perancis) adalah kegiatan meramalkan, memproyeksikan atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi sebelum sesuatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Misalnya, suatu akademi, meramalkan jumlah mahasiswa yang akan mendaftar untuk menjalani pendidikan di akademi tersebut. Ramalan tersebut dilakukan dengan menggunakan beberapa indikator-indikator, misalnya jumlah lulusan high school, banyaknya high school, dan lain sebagainya. Suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri harus mengadakan forecasting mengenai betapa besar jumlah hasil produksinya dengan memperhatikan jumlah produksi perusahaan lain, income per capita anggota masyarakat, kebiasaan membeli, dan lain sebagainya. Jadi, dengan kata lain, forecasting mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan apa yang harus dilakukan agar mendapatkan kesuksesan di masa depan. Juga bisa menjadi alat bantu yang bagus dalam menentukan keputusan manajemen.